Minggu, 22 Agustus 2010

sekedar curhatan aja

Ga tau kenapa, tapi tiba2 gw kepikiran kenapa ya orang lain tu asa berwibawa dan bisa ngomong hal-hal yang berat dan berbobot. Sementara kata-kata yang keluar dari mulut gw, kayakny cuma celetukan sampah yang ga ada gunanya dan kadang-kadang ga sopan juga. Pengen rasanya berubah dan blajar buat ngurangin omongan-omongan sampah yang gw keluarin,terus ngeganti omongan sampah itu sama omongan yang lebih berbobot. Entah kenapa, kok rasany susah banget ya...

Gw jadi inget obrolan Salomo sama Tuhan. Waktu itu Tuhan nawarin Salomo apa yang paling dia inginkan. Ternyata Salomo minta kebijaksanaan untuk memimpin bangsa Israel yang besar. Pas gw masih skolah minggu, gw ngerasa aneh sama permintaan Salomo itu. Tuhan kok malah bilang kalo Salomo tu minta hal yang benar dan yang paling ia butuhkan. Malah Tuhan ngasih hal-hal lain yang ga diminta Salomo juga, termasuk menjadikan Salomo raja paling kaya sepanjang sejarah, sebagai reward karena telah minta hal yang benar. Emang seberharga apa sih kebijaksanaan itu?

Lama2, gw makin ngerti kalau kebijaksanaan itu adalah hal yang bener2 berharga dan emang bukan hal yang gampang buat dipelajari dan dilakukan. Liat aja apa yang dilakukan Salomo setelah memperoleh kebijaksanaan dari Tuhan itu, contoh ny aja pas kasus 2 ibu yang memperebutkan seorang anak. Kalau dalam bayangan gw, pastinya perdebatan 2 ibu itu sangat sengit dan kalo gw jadi Salomo, pasti udh nyuruh 2 ibu itu keluar aja dari ruangan. Tapi, berkat kebijaksanaan yang diberikan oleh Tuhan itu, dia memperoleh solusi untuk menyelesaikan perkara tersebut. Dia menyuruh algojo untuk membelah bayi itu menjadi 2 dan memberikanny pada 2 ibu itu. Dan benar saja, ibu yang asli ny tidak mau menerima itu dan merelakan saja anakny untuk diberikan kepada si ibu yang mengaku2 saja.

Liat tuh hasil perbuatan Salomo. Keliatanny sih gampang banget buat ngasih keputusan kayak gitu. Tapi kalo kata gw sih, kalo Salomo ga punya kebijaksanaan itu, dia ga bakal bisa ngasih keputusan yang bener. Ternyata keputusan Salomo untuk meminta kebijaksanaan itu kepada Tuhan emang bener banget. Bisa ga ya gw jadi kayak Salomo itu, jadi orang yang bijak dan bisa menentukan solusi yang benar dri masalah2 yang ada...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar