Senin, 25 Juli 2011

Kelebihan, Keunikan, dan Kekurangan Industri-industri di Indonesia


Indonesia adalah sebuah negara berkembang yang terletak di Asia, khususnya Asia Tenggara. Sebagai negara berkembang, sebenarnya  sektor industri di negara Indonesia belum terlalu berkembang. Wajar saja, dikarenakan pendidikan yang masih belum merata, sektor industri yang paling menonjol adalah sektor industri agro. Di saat sekarang ini, Indonesia sebenarnya masih merupakan negara penyedia sumber daya alam dan belum menjadi negara pengolah sumber daya alam tersebut. Untuk masalah GDP, bisa dibilang nilai GDP yang dihasilkan oleh negara Indonesia masih tergolong rendah, yaitu prediksi sebesar 540,27M US$ pada 2009 dan 670,42M US$ pada 2010. Untuk lebih jelas bisa dilihat di sini. Namun, seiring dengan waktu Indonesia terus berusaha untuk mengembangkan sektor industri di negaranya.

Untuk keadaan saat ini, Indonesia memiliki beberapa kelebihan dan keunikan dalam sektor industrinya sendiri. Kelebihan dan keunikan tersebut diantara lainnya adalah industri budayanya yang cukup maju dan beragam jenisnya. Kalau kita perhatikan, Indonesia memiliki banyak sekali jenis kebudayaan, mulai dari Sabang sampai Merauke, dan tiap kebudayaan itu memiliki ciri khas masing-masing, sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai komoditas. Dari kebudayaan yang beragam itulah maka industri kebudayaan di Indonesia berkembang.

Selain industri kebudayaannya, Indonesia juga memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Indonesia sudah terkenal sejak dahulu kala sebagai negara yang kaya. Bahkan julukannya pun adalah jamrud khatulistiwa, saking berharganya tanah-tanah di Indonesia. Namun sumber daya alam yang besar itu amat disayangkan dengan ketidakmampuannya negara Indonesia untuk mengolah sumber daya alam tersebut.
Salah satu hal lagi yang merupakan kelebihan dari sektor industri di negara Indonesia adalah banyaknya industri rumahan yang ada, dan tenaga kerjanya pun sangat banyak dan murah. Bahkan tenaga kerja pun menjadi salah satu komoditas ekspor penghasil devisa negara. 

Walau memiliki kelebihan, pastinya sektor Industri di Indonesia masih memiliki kekurangan. Beberapa hal yang menjadi kekurangan tersebut adalah mudahnya Indonesia tergoda dengan kemudahan teknologi, sehingga lambat laun dapat membuat industri kebudayaan mati. Pengelolaan sumber daya alamnya yang melimpah pun belum mumpuni, sehingga hanya menjadi pengekspor sumber daya alam yang tidak memiliki nilai tambah apa-apa. Pemandangannya yang indah yang sebenarnya bisa menjadi sumber industri pariwisata juga belum terpublikasi dan terekspos dengan baik, sehingga tidak bisa menjadi sumber penghasil devisa yang besar. Dukungan pemerintah pun sepertinya belum sepenuhnya diberikan untuk mengembangkan sektor industry di Indonesia, sehingga perkembangannya cenderung lambat. Andai saja semua kekurangan itu dihilangkan, pastinya Indonesia dapat tampil sebagai negara Industri yang tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain dan memiliki komoditasnya sendiri yang unik dibandingkan negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar