Selasa, 26 Juli 2011

Review Materi Interaksi 1 Ca-MTI 2011 (Senin, 25 Juli 2011)

Pada hari ini, interaksi dimulai pukul 11.00 di parkiran GSG. Interaksi dimulai dengan perhitungan dan pengabsenan ca-MTI yang datang interaksi. Ternyata jumlah orang yang datang adalah sekitar 130 orang, dan itu tidak memenuhi quorum. Setelah melakukan perhitungan orang yang datang, acara dilanjutkan dengan pemeriksaan spek-spek wajib yang harus dibawa saat PPAB. Ternyata pada saat cek spek pun para ca-MTI juga masih membuat kesalahan, karena ternyata ada banyak ca-MTI yang tidak membawa spek. Untuk menjawab permasalahan itu, akhirnya beberapa orang dari ca-MTI ditunjuk untuk menjadi pj barang spek, yaitu Hans dan Danang. Setelah pengecekan spek selesai, para ca-MTI pun dimobilisasi menuju ruang seminar gedung teknik industri.

Di gedung seminar, para ca-MTI mendapatkan kesempatan untuk isoma selama 45 menit. Setelah selesai isoma, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil. Diskusi kelompok ini bertujuan untuk membuat dan merumuskan tujuan besar yang ingin diraih selama masih berkuliah di ITB, yaitu sekitar 3 tahun ke depan, oleh kelompok tersebut beserta deskripsi dan langkah-langkah real untuk mencapai tujuan tersebut. Pada diskusi tersebut, kelompok saya merumuskan tujuan besar kelompok kita adalah menjadi mahasiswa yang ikut aktif dan ambil bagian dalam kegiatan kemahasiswaan, yang berarti adalah menjadi mahasiswa yang menjunjung tinggi tridharma perguruan tinggi. Langkah real yang kita ambil untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan ikut aktif kegiatan-kegiatan terpusat di KM, aktif dalam himpunan masing-masing, peka terhadap isu-isu kampus dan isu bangsa kita, serta bergerak mencari solusi ketika kita mendengar isu-isu tersebut. Setelah selesai merumuskan, sebenarnya ca-MTI disuruh mempresentasikan hasil rumusan tujuan masing-masing, namun dikarenakan keterbatasan waktu, maka yang diberi kesempatan untuk maju hanyalah 2 kelompok dan kelompok saya termasuk yang tidak diberikan kesempatan untuk presentasi.

Setelah selesai diskusi kelompok dan presentasi, kegiatan dilanjutkan dengan mentoring oleh mentor masing-masing dalam kelompok kecil. Mentor kelompok saya adalah Aryo, MRI’09. Pada kesempatan mentor ini, kami diminta feedback dari kegiatan PPAB sampai sejauh ini dan harapan mengikuti osjur, diberikan buku pegangan PPAB, serta tanya jawab mengenai hal-hal yang ingin diketahui seputar kehidupan di MTI pada nantinya. Untuk masalah harapan osjur, saya memiliki harapan agar PPAB ini memang akan memberikan informasi dan simulasi yang saya perlukan untuk menjalani kehidupan mahasiswa di jurusan TI dan setelah kegiatan PPAB selesai, kami semua seangkatan ca-MTI 2010 menjadi angkatan yang kompak solid serta tangguh.

Sesudah kegiatan mentoring selesai, para ca-MTI dikumpulkan di lapangan amfitheater untuk pemberian tugas dan konsekuensi kesalahan. Tugas yang diberikan adalah review materi, papan board presentasi GDP, dan tanda tangan buku angkatan sebanyak 60 buah. Konsekuensi yang kami terima adalah melengkapi papan metode pemulangan.

1 komentar:

  1. Semangat ya buat interaksi selanjutnya..
    Ambil manfaat dari semua kegiatannya..
    perkuat millitansi angkatan kalian..
    OK!!!

    BalasHapus