Rabu, 27 Juli 2011

Review Materi Interaksi 2 Ca-MTI 2011 (Selasa, 26 Juli 2011)


Pada hari ini, kegiatan PPAB dimulai pada pukul 10.00. Namun, kami para ca-MTI 2010 berkumpul sedikit lebih awal daripada waktu interaksi, yaitu sekitar pukul 07.30 untuk melengkapi tugas-tugas yang belum terselesaikan dan memeriksa spek-spek wajib yang perlu dibawa sehingga tidak ada yang tertinggal. Setelah sekitar pukul 09.30, kami semua para ca-MTI berpindah secara sporadis menuju lapangan parkir GSG. Setelah sampai lokasi, kami semua berbaris rapih dan melakukan absen serta menghitung jumlah ca-MTI yang hadir pada hari itu. Ternyata setelah diabsen, quorum interaksi masih belum terpenuhi. Oleh karena itu, dengan persetujuan panitia untuk menunggu orang-orang yang belum datang. Setelah beberapa menit, akhirnya beberapa orang berdatangan lagi, tetapi tetap saja masih belum memenuhi quorum. Akhirnya kami pun dimobilisasi menuju lapangan radar.

Di lapangan radar, kami semua melakukan cek spek lengkap yang harus dibawa. Ternyata masih ada beberapa orang yang tidak membawa spek lengkap. Oleh karena itu kami semua mendapatkan hukuman senam terbang. Setelah cek spek, para ca-MTI dibagi menjadi 20 kelompok kecil untuk melakukan mentoring. Dalam sesi mentoring, kita semua mendapatkan materi tentang simpati, empati, dan komunikasi. Pada intinya simpati adalah perasaan dimana kita ikut turut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Kalau empati adalah perasaan dimana kita ikut turut merasakan apa yang dirasakan orang lain DAN ikut membantu orang tersebut secara nyata dengan tujuan meringankan masalahnya. Komunikasi adalah komunikasi antara dua orang atau lebih yang di mana arah pertukaran informasinya adalah dua arah. Makin akurat informasi yang diterima, berarti makin efektif pula keterberjalanannya suatu komunikasi.
Setelah selesai pemberian materi mentoring, diskusi kelompok dilanjutkan dengan pembuatan yel kelompok yang nantinya akan ditandingkan antar kelompok. Pertandingan yel-yel tersebut dilakukan antar 8 atau 6 kelompok, dan ternyata prosesnya berlangsung meriah.

Sesudah kompetisi yel, ca-MTI dimobilisasi kembali menuju ruang seminar TI untuk diberikan materi. Pemberi materi adalah Adjie Wicaksana, mahasiswa TI angkatan 2007. Tema dari materi ini adalah tujuan hidup dan cita-cita serta keadaan industri di Indonesia. Tujuan hidup pada intinya harus berlaku jangka panjang sampai kalau bisa akhir hayat kita. Namun ada kalanya kita memerlukan waktu untuk merevisi tujuan hidup kita, misalnya dalam satu tahun sekali. Pada saat menentukan tujuan hidup, kita juga harus memikirkan apakah manfaat dari tujuan tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar kita. Untuk masalah keadaan industri di Indonesia, jujur memang sangat memprihatinkan. Kami semua ca-MTI 2010 berjanji akan melakukan perbaikan terhadap keadaan Industri di Indonesia ini ketika sudah lulus. Setelah selesai pemberian materi, semua ca-MTI dikondisikan kembali untuk pembacaan tugas. Tugas-tugas itu antara lain adalah tugas review, tugas Koran angkatan, tanda tangan ca-MTI, serta wawancara kakak NIM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar